Materi Perakitan Komputer

Pengertian Merakit Komputer

Pengenalan komputer
1. PENGERTIAN DASAR
1.1. Pengertian Komputer
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
1.2.Struktur dan fungsi computer
Struktur sebuah computer dapat di dekripsikan dalam diagram blok sebagai berikut:
GAMBAR.1. diagram blok computer
Fungsi masing-masing bagian dalam struktur di atas adlah sebagai berikut:
1. Input device
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukan data/perintah ke dalam computer
CONTOH:
 Keyboard
 Mouse
 Scanner
2. Output Device
Adlah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data /perintah yang dilakukan dalam computer.
Contoh:
 monitor
 Printer
 Speaker
3. I/O Port
Adalah input/output.Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar system.
4. CPU
Merupakan otak system computer.CPU memiliki 2 bagian fungsi operasional yaitu Arithmatical logical unit(ALU) sebagai pusat pengolahan data serta bagian control unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja computer.biasa disebut dengan nama prossesor saja.
5. Memory
Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM dan ROM serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk,floppy disk dan optikal disk.
Pengertian Dan Kegunaan:
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian system yaitu hardware, software, dan brainware. Perangkat keras(hardware) komputer adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat difungsikan. Hardware yang akan dibahas disini ialah yang berkaitan dengan perakitan komputer yaitu :
1. Prosesor ialah ialah sebuah chip (mikroprosesor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.contoh prosesor yaitu prosesor pentium IV yang menggunakan socket 478 dan prosesor pentium 4 HT maksudnya ialah bahwa prosesor ini sudah tidak memiliki kaki-kaki emas dan kaki-kaki emas itu terdapat pada socket prosesor yang terdapat di motherboard.
2. Motherboard ialah perangkat terpenting di dalam komputer yang dijadikam media atau tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan seperti Prosesor, memori, Card VGA, card – card ekspansi lainnya misalnya modem internal, sound card. Satuan untuk prosesor adalah Mhz (Mega Hertz)dan GHz (Giga Hertz).
3. Memori ialah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data dan instruksi semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instuksi yang dapat diolahnya . RAM – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
Beberapa jenis memori :
1. EDO-RAM(extended Data Out) : Bentuk EDO-RAM adalah SIMM(Singel Inline Memory Module). Slot memory pada motherboard 72 pin. RAM jenis ini dipakai pada Pentium I
2. SDRAM(Synchronous Dynamic RAM) : memori yang dapat mengakses data atau informasi lebih cepat dari EDO-Ram. Bentuk SD-RAM adalah DIMM(Double Inline Memory Module). Slot Memory pada motherboard 168 pin.
3. RD-RAM(RAmbus Dynamic RAM) : memory berkecepatan tinggi digunakan untuk mendukung prosesor Pentium IV. Tipe RD-RAM menggunakan slot – RIMM, mirip dengan slot SDRAM.
4. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM) : Tipe memory generasi penerus SDRAM yang memiliki kemampuan dua kali cepat dari SDRAM. Slot Memori yang digunakan DDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu 184 pin.
5. DDR 2 ialah memory yang dipakai pada motherboard yang mendukung prosesor HT(Hyper Threading).
4. Casing ialah tempat untuk memasang hardisk, flopydisk, CD-ROM,DVD-ROM atau DVD-RW dan CD-Rw.
5. Hardisk ialah tempat penyimpan data dalam kapasitas besar .Kapsitasnya berpariasi,antara lain : 5 MB, 10 MB ,120 MB ,320 MB ,600 MB ,1,2 GB ,3,2 GB , Dan kini susah ada yang berkapasitas 4 GB.
6. CD-ROM ialah alat untuk membaca CD atau VCD pada komputer.
7. Power supply ialah sebuah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer yang terdapat didalam CPU. Perangkat ini memiliki lima konektor atau lebih, yang dapat sambungkan ke berbagai peralatan seperti motherboard, harddisk, flopy disk drive,cd-rom, dan sebagainya.
8. Kipas Pendingin ialah suatu pendingin yang diletakkan atau dipasang diatas prosesor fungsinya untuk menyerap panas dari prosesor.
9. Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
10. Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:monitor tabung layar cembung,monitor LCD,monitor plasma.
11. Sound card adalah prangkat multimedia berbentuk seperti kartu,yang berfungsi mengolah suara pada computer.Soundcard sekarang sudah menyatu dengan motherboard dan ada juga yang tidak menyatu dengan motherboard.
12. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.
13. Speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.
14. Mouse adalah alat yang digunakan untuk mengatur perpndahan kursor secara tepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan tepat pula.Didalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakan menyebabkan sinyal-sinyal listrik terkirim ke komputer sesuai dengan perubahan mouse.

Leave a comment